Awali kesuksesan online Anda bersama

Pengelolaan Pemerintah Desa OpenSID

open sid

Pengelolaan Pemerintah Desa OpenSID

Pemerintah Desa, halaman ini digunakan untuk mengelola data Pemerintah Desa mengelola data Aparat Pemerintah Desa dan mengatur penandatangan surat. Untuk masuk halaman Pemerintahan Desa caranya adalah klik Info Desa > Pemerintahan Desa

Menggunakan Modul Pemerintah Desa

Untuk masuk halaman Pemerintahan Desa caranya adalah klik Info Desa > Pemerintahan Desa seperti pada gambar berikut ini. pengurus

Mengelola Data Aparat Pemeritah Desa

Menambah Data Aparat Pemerintah Desa

[rb_related title=”You May Also Like” total=”2″]

  1. Klik tombol Tambah Aparat Pemerintah Desa seperti gambar berikut. tambh peng
  2. Klik Dari Database Penduduk jika aparat berasal dari warga desa. Sedangkan jika aparat berasal dari warga luar desa, silakan klik Tidak Terdata. Perhatikan gambar berikut.97395967 b31f1400 1918 11eb 8d97 80d0d73eed7d
  3. Jika Anda menambahkan data aparat dari database penduduk, langkah berikutnya adalah :
    a. Pilih aparat
    b. Lengkapi data yang dibutuhkan
    c. Tambahkan foto aparat,
    d. Klik _Aktif _
    e. Klik Simpan.97396128 085b2580 1919 11eb 815b 77728ea3b446
  4. Jika Anda menambahkan data aparat dari warga luar desa, setelah Anda meng-klik tombol Tidak Terdata langkah selanjutnya adalah :
    a. Isikan data aparat pada form yang tersedia
    b. Tambahkan foto aparat
    c. Klik Aktif
    d. Klik Simpan97396278 4fe1b180 1919 11eb 9839 3cd659eebc6d

Mengubah Data Aparat Pemerintah Desa

Untuk mengubah data aparat pemerintah desa caranya adalah sebagai berikut.

  1. Klik tombol Ubah seperti gambar di bawah ini.97397167 380b2d00 191b 11eb 9bea afe15125f918
  2. Di form yang ditampilkan, ubah data seperlunya.
  3. Klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.97397254 6a1c8f00 191b 11eb 8977 d70ac3882613

Mengaktifkan/Menonaktifkan Aparat Pemerintah Desa

Jika seorang aparat pemerintah desa sudah mencapai masa pensiun, maka perlu dilakukan perlu dilakukan penonaktifan. Tujuannya adalah supaya aparat yang bersangkutan tidak ditampilkan dalam widget aparat pemerintah desa maupun diberikan hak untuk penandatanganan surat maupun dokumen lainnya.

Untuk mengkatifkan atau menonaktifkan aparat pemerintah desa, ada dua cara yang dapat dilakukan.

  1. Cara pertama
    Klik tombol gembok. Jika gembok dalam posisi terbuka berarti aktif. Namun jika gembok dalam posisi tertutup/terkunci berarti tidak aktif. Perhatikan gambar berikut.97397395 b5cf3880 191b 11eb 91c2 749cbb7e45d3
  2. Cara kedua
    a. Klik tombol Ubah.97397167 380b2d00 191b 11eb 9bea afe15125f918
    b. Klik Aktif / Tidak Aktif.
    c. Klik Simpan.

    97397594 33934400 191c 11eb 80f2 817786d9e938

Menghapus Data Aparat Pemerintah Desa

Untuk menghapus data aparat pemerintah desa caranya adalah :

  1. Klik tombol Hapus.97397713 81a84780 191c 11eb 9752 d54a6a704d99
  2. Selanjutnya akan muncul kotak konfirmasi. Klik Hapus.97397776 a00e4300 191c 11eb 8743 e6053259bcb6 Selain cara di atas, Anda juga dapat melakukan penghapusan beberapa data aparat pemerintah desa sekaligus. Caranya adalah sebagai berikut.
  3. Centang checkbox pada aparat pemerintah desa yang ingin dihapus.
  4. Klik tombol Hapus Data Terpilih.97397907 dea3fd80 191c 11eb 8d13 58c4cd61755b
  5. Selanjutnya akan muncul kotak konfirmasi. Klik Hapus.97397776 a00e4300 191c 11eb 8743 e6053259bcb6

Mengatur Urutan Aparat Pemerintah Desa

Untuk mengatur urutan/posisi aparat pemerintah desa, caranya adalah klik tanda panah ke bawah untuk menurunkan urutan/posisi dan klik tanda panah ke atas untuk menaikkan urutan/posisi. Perhatikan gambar berikut.

97398227 65f17100 191d 11eb 8e03 abc297a2c86d

Pengaturan Penandatangan Surat

Dalam pembuatan surat, pengguna akan diberikan pilihan siapa yang akan menandatangani surat tersebut. Pengaturan penandatangan surat secara default dilakukan di halaman Pemerintahan Desa.

97398315 91745b80 191d 11eb 846c 514c00d513cb

Dalam aturan tata naskah dinas, pejabat yang dapat menandatangani atas namanya sendiri hanyalah kepala (dalam lingkup desa adalah Kepala Desa). Jika dalam situasi kepala desa tidak berkedudukan di Kantor Desa, maka penandatangan surat harus menggunakan atas nama (a.n.). Secara hierarki yang bisa menandatangani atas nama Kepala Desa adalah Sekretaris Desa.

Lantas, bagaimana jika Kepala Desa dan Sekretaris Desa tidak berkedudukan di Kantor Desa? Jika kedua pejabat tersebut tidak berkedudukan di Kantor Desa, maka penandatangan surat menggunakan untuk beliau (u.b.), yang nantinya akan ditandatangani oleh perangkat desa yang berkepentingan.

Berdasarkan uraian di atas, maka pengaturan default untuk penandatangan surat adalah sebagai berikut.

  1. Klik a.n. pada jabatan Kepala Desa.
  2. Klik u.b. pada jabatan Sekretaris Desa. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.97398386 bd8fdc80 191d 11eb 920a 7c183a6e7e11

"Anda Bayar Jasanya Setelah Website Anda Selesai."

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on email
Share on print